Model rumah sederhana : Eropa |Tampak Samping

Model rumah sederhana Eropa 

Sebenarnya tidak ada aturan baku terkait model rumah sederhana baik secara ukuran atau desain 
rumah tersebut. jika menyangkut model rumah, kata sederhana maknanya sangat universal. Selain dilihat dari ukuran luasnya, rumah sederhana biasanya juga dinilai dari desain interior juga eksteriornya. Namun secara garis besar kesederhanaan sebuah rumah tergantung orang yang menilainya. Misalnya rumah berukuran besar dan mewah dengan furnitur lengkap namun dianggap sederhana oleh sebagian orang. Jadi tak hanya rumah kecil yang minim dekorasi saja yang bisa dikatakan sederhana. Seperti yang disebutkan diatas, kesederhanaan sebuah rumah tergantung penilaian dari masing-masing individu. Namun terlepas dari sederhana atau mewahnya sebuah rumah, semua layak menyandang rumah idaman jika melalui tahap pembangunan serta cara desain yang tepat.
Desain Model Rumah Sederhana Ala Eropa
Bukan hal yang gampang jika kita ingin mengubah rumah yang dikategorikan sederhana menjadi hunian nyaman, indah, dengan sentuhan modern didalamnya. Kesulitan ini muncul mengingat model rumah sangat dipengaruhi oleh denah rumah yang ditentukan sebelumnya. Jadi fisik rumah secara keseluruhan sama persis dengan denah rumah itu sendiri sehingga cukup beralasan jika merealisasikan model rumah sederhana menjadi lebih mewah memerlukan ide-ide yang inovatif.
Eksplorasi Hunian Middle End
Tidak perlu cemas dengan budget yang terbatas sebab mengubah rumah sederhana menjadi lebih mewah tidak membutuhkan biaya besar. Tidak perlu ngotot mengeksplorasi desain rumah menjadi senidah mungkin atau semewah mungkin. Sedikit mengubah tampilan warna bagian dinding atau finishing dinding ekspose cukup membuat interior rumah nampak lebih indah dan elegan. Dengan kata lain cukup kita eksplorasi rumah sederhana menjadi hunian middle end dengan elemen-elemen yang unik dan artistik yang harganya murah, seperti teraso atau keramik kualitas nomor 2 atau nomor 3. Yang penting cara desainnya tepat juga penempatan furnitur menyesuaikan layout, maka akan terealisasi model rumah sederhana dengan konsep ruangan yang menarik.
Eksplorasi hunian model rumah middle end tidak hanya terbatas pada bagian-bagian rumah tertentu. Dengan kata lain, ruangan lain seperti dapur dan kamar mandi juga bisa dieksplorasi dengan cara yang sama mencakup semua fasilitas yang dibutuhkan baik material serta jalur utilitas sanitasi. Misalnya saja pilihan keramik. Desain kamar mandi memerlukan 2 jenis keramik yang berbeda tekstur, dimana bagian dinding diaplikasikan keramik bertekstur halus, sementara bagian lantai harus menggunakan keramik dengan tekstur kasar untuk keamanan pengguna.
Tidak ada batasan tertentu mengenai ukuran kamar mandi sebab kamar mandi yang cenderung sempit bisa diakali dengan desain kamar mandi kering. Apa itu desain kamar mandi kering? Model kamar mandi ini biasanya hanya terdiri dari shower box yang diproteksi dinding kaca buram yang tidak tembus pandang. Yang sering menimbulkan masalah adalah tempat pembuangan akhir (septic tank). Seharusnya fasilitas yang satu ini ditempatkan diarea luar rumah, namun jika lahan sisa bangunan terlalu sempit sementara tak jauh dari situ terdapat pompa air, maka besar kemungkinan keberadaan septic tank tersebut menimbulkan pencemaran. Agar sumber resapan air terhindar dari pencemaran sebaiknya septic tank ditempatkan di taman lingkungan, tentu saja atas persetujuan warga sekitar.
Model rumah sederhana bagian dapur juga bisa kita modifikasi menjadi lebih elegan dengan pemilihan perabot dan peralatan yang praktis. Jika harus menggunakan kitchen set sebaiknya kita pilih yang ukurannya standar, atau lebih tepat lagi jika disesuaikan dengan luas dapur. Jika ruang makan menyatu dengan dapur maka wajib menggunakan peralatan makan yang praktis, artinya mudah disimpan sehingga tidak makan tempat. Yang tidak boleh kita abaikan adalah ventilasi udara. Agar sirkulasi udara berjalan normal perlu dipasang ventilasi udara atau jendela berukuran besar. Tak hanya mempermudah pasokan udara, jendela juga berfungsi untuk mempermudah cahaya masuk ke area dapur.