Desain Rumah adat jawa JOGLO

Desain Rumah adat jawa JOGLO

memang tidak akan nampak pada daerah perkotaan, akan lebih banyak terlihat di daerah pedalaman yang masih memiliki nilai-nilai budaya yang kental. Rumah adat jawa yang khas memberikan ketertarikan sendiri bagi penghuninya maupun orang lain. Rumah adat jawa ini lebih banyak di gunakan saat-saat di jaman kerajaan.
Contoh Galery Foto Gambar Desain Rumah Joglo Modern
Yang namanya rumah adat pastinya kita akan berpikir dan membayangkan desainnya yang artistik dan bahannya yang terbuat dari kayu atau bambu. Namun bagi Anda yang masih belum tahu atau masih asing dengan rumah adat jawa bisa di temukan di Internet, dan jika ingin melihat dan merasakan suasana langsung rumah adat jawa biasanya ada di sekitar pusat pemerintah daerah.
Rumah adat jawa yang lebih kita dengar adalah joglo. Rumah joglo bisa kita temukan di pusat kantor pemerintah daerah, di sekitar pemerintahan tersebut biasanya ada peninggalan kerajaan seperti arsitek candi dan patung-patung lainnya, ada laun-alun dan tentu saja pendapa. Pendapa atau pendopo adalah salah satu bagian rumah adat jawa yang bisa kita lihat di perkotaan. Orang banyak yang bilang pendopo, padahal secara keseluruhan yang ada di sana adalah rumah adat jawa.
Pendopo adalah salah satu bagian yang ada pada rumah adat jawa khas, joglo. Bagian yang lain seperti pringgitan, dalem, sentong, gandok tangen, dan gandok tiwo. Adapun masing-masing fungsinya adalah sebagai berikut.
Pendapa atau pendopo
Di katakan pendopo karena tata letaknya berada di paling depan dari rumah adat jawa, desain pendopo ini terlihat ruang yang luas tanpa sekat-sekat , hanya terlihat tiang-tiang penyangga. Fungsi dari pendopo ini adalah untuk tempat pertemuan besar, atau rapat-rapat kerajaan, dan juga di gunakan sebagai tempat pertunjukan seni seperti gamelan, wayang kulit dan lain-lain yang di selenggarakan oleh penghuninya. Kegiatan-kegiatan itu masih kita dapati pada saat ini.
Pringgitan
Pringgitan adalah ruang sebagai penghubung antara pendopo dan dalem. Fungsi dari pringgitan ini adalah ruang khusus untuk tamu, berbeda hal nya dengan pendopo, pringgitan memiliki sekat atau pembatas ke ruangan lainnya. Jika ada tamu untuk membicarakan hal khusus, biasanya tempatnya di pringgitan ini.
Dalem
Adalah ruang khusus keluarga, dan ruangan yang paling dalam untuk rumah khas adat jawa. Dimana, ruangan ini khusus untuk bersantai dan bisa di sebut sebagai ruang privasi keluarga.
Sentong
Sentong adalah ruangan khusus istirahat, atau bahasa modern nya adalah kamar. Ada sentong kiri yang berarti kamar sebelah kiri, ada sentong tengah dan ada pula sentong kanan. Sentong bagian ruang privasi keluarga.
Gandok
Merupakan sebuah ruangan khusus untuk alat penyimpanan bahan atau benda. Gandok yang kita denganr juga ada di kantor camat, fungsi sebenarnya adalah tempat penyimpanan bahan makanan, atau bisa untuk penyimpanan alat-alat pertanian. Namun untuk sekarang, gandok dijadikan tempat museum.
Itulah beberapa bagian dari rumah adat jawa yang khas yang bisa kita temukan di perkotaan. Sebanrnya nama-nama rumah adat jawa sangat banyak, namun ada kesamaan nama ruang dan fungsi-fungsinya. Rumah adat jawa sebenarnya tidak cocok untuk tempat tinggal di perkotaan, lebih banyak kita temui desainnya sebagai rumah penginapan dan rumah makan, namun rumah adat jawa yang asli memiliki fungsi-fungsi dan nama ruangan yang khas. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Google+ Followers