DESAIN RUANG TAMU EXKLUSIVE | TIPS

DESAIN RUANG TAMU EXKLUSIVE | TIPS

Tips

Bagi Anda pasangan baru rumah merupakan salah satu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Berbagai pertimbangan pasti menjadi alasan untuk membangun rumah yang megah. Apalagi bagi pasangan baru dari kelas ekonomi menengah. Harga lahan atau perumahan saat ini di Jakarta sangat melambung harganya. Belum lagi mencari lahan yang strategis dengan tempat kerja dan pusat fasilitas umum. Dengan budget yang tidak besar pasangan baru dapat membeli rumah minimalis melalui pengembang property. Terdapat 2 pilihan cara untuk melakukan transaksi pembelian rumah. Anda bisa langsung membayar secara tunai atau melakukan pembayaran KPR setiap bulan dalam jangka waktu tertentu
Yang mendasari dari hunian idaman yang bergaya simple dan minimalis adalah mendekorasi rumah dengan konsep, design, dan interior yang sesederhana mungkin dan tidak memakan banyak tempat atau lahan namun tetap terlihat indah dan modern. Dengan lahan yang terbatas tentunya tidak akan mudah menentukan dekorasi ataupun interior pada rumah modern yang minimalis.
Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang disinggahi oleh tamu atau pun para kerabat. Ruang tamu juga merupakan cerminan dari pribadi pemilik rumah. Ruang tamu dari rumah minimalis tentunya memiliki ukuran ruangan yang tidak luas. Dengan demikian, Anda harus memaksimalkan ruang tamu tersebut. Dengan kata lain dengan ruang tamu yang sempit, Anda dapat menciptakan ruang tamu yang nyaman dengan memilih furniture yang tidak berlebihan. Karena kamar tamu rumah minimalis berarti hanya menggunakan furniture seminimalis mungkin.
Furniture wajib di ruang tamu pada rumah minimalis yang mungil dan cantik, hanyalah meja dan kursi tamu, hiasan dinding seperti kaligrafi, lukisan ataupun foto-foto, dan hiasan meja seperti rangkaian bunga hias. Anda sebaiknya memilih meja kursi atau sofa disesuaikan dengan ukuran ruang tamu Anda. Akan lebih indah bila tersedia space yang luas untuk menempatkan furniture lainnya. Bahan dari furniture tersebut sebaiknya dari bahan yang seragam. Sehingga tidak memberi kesan yang ramai pada ruang tamu Anda.
Pilihlah wallpaper yang bermotif sederhana untuk rumah minimalis. Jika menghendaki motif yang penuh sebaiknya pilih wallpaper bermotif kecil. Jika Anda lebih menyukai warna-warna pastel sebaiknya pemilihan furniture dengan walpaper harus matching. Namun jika Anda lebih suka bermain warna pada ruang tamu, Anda dapat memilih sofa atau meja kursi tamu berwarna soft. Sedangkan untuk wallpapernya, Anda dapat memilih warna yang cerah seperti putih atau cream yang dapat memberi kesan luas pada ruang tamu. Untuk mempercantik ruang tamu Anda, pasanglah tirai dengan warna senada dengan furniture yang ada. Sebaiknya memilih tirai yang sederhana tanpa menggunakan tirai yang berlapis-lapis.  Penggunaan tirai berlapis akan memberikan kesan penuh kamar tamu.

Gambar 1