TOKOH PERANCANG MOBIL TERNAMA

Inggris sejak lama dikenal sebagai negara aristokrat yang memiliki gaya dan desain mobil yang elegan. Banyak mobil yang dilahirkan di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Begitu pula dengan desainernya. Inggris memiliki segudang perancang mobil yang memiliki kualitas dan kemampuan membuat desain mobil yang bagus.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftar 10 orang desainer mobil terbaik yang dimiliki Inggris seperti detikOto kutip dari Daily Mail, Rabu (8/9/2010).

1. JP Blatchley

JP Blatchley merupakan perancang mobil-mobil Rolls-Royce yang hasil desainnya masih bisa dilihat hingga sekarang. Meski memiliki background di bidang aeronautical engineering, JP Blatchley terbukti mampu membawa mobil-mobil Rolls-Royce menjadi lambang kekayaan dan gaya hidup bangsawan.

2. Chapman Colin

Pria yang merupakan desainer Lotus ini merupakan kunci desain-desain mobil Lotus. Chapman berhasil berimprovisasi dalam hal desain dan menggabungkan DNA mobil balap di mobil biasa.

Chapman juga berhasil bereksperimen dengan menggunakan material-material baru dalam setiap mobil buatannya untuk mereduksi berat mobil dan meningkatkan performa. Hal itu menjadikan mobil-mobil Lotus menjadi mobil yang cantik bila dipandang dan menyenangkan ketika dikendarai.


3. Sir Alec Issigonis

Merupakan desainer merek mobil legendaris Mini, Issigonis berhasil membuat mobil Mini menjadi mobil kecil dengan efisiensi yang tinggi hingga akhirnya sempat menjadi ikon Inggris.

Dia mempelopori penggunaan suspensi independen dan menjadikan sistem penggerak roda depan (front wheel drive) menjadi standar industri roda empat dunia. Proyek besar pertamanya adalah Morris Minor, yang menunjukkan kemampuannya untuk membuat mobil dengan daya tarik massa. Mobil ini bahkan mampu bertahan dan produksinya berlangsung selama 20 tahun lamanya.


4. Malcolm Sayer

Malcolm Sayer adalah desainer yang melahirkan desain untuk Jaguar E-type yang hingga saat ini masih dipandang sebagai salah satu mobil dengan desain terbaik di dunia. Sayer mulai berkarir di Jaguar dengan membuat dua 'classic racing machines' yakni C-Type dan D-Type.

Namun E-Type adalah maha besar yang pernah dia buat. Tipe ini bahkan pernah menjadi panutan desain British sportscar yang telah terjual hingga 70 ribu unit. Sayer juga berniat membuat XJ13 racing prototype dan XJS sebelum kematiannya di tahun 1970

Postingan terkait:

Google+ Followers